Latest News

Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Layar Smartphone/Komputer

Kesehatan mata adalah aset yang sangat berharga, berapa banyak orang yang telah menyiakan kesempatan menjaga kesehatan mata tetapi mereka mengabaikannya? Jika kelak nantinya terepaksa harus menggunakan kaca mata plus atau minus saat membaca, tetapi setidaknya kita pernah mencoba berusaha agar kesehatn mata tetap terjaga. Dengan kemajuan teknologi layar LCD, LED, dan bahkan sekarang yang terbaru adalah teknologi Plasma sekalipun, tetap saja mata manusia membutuhkan istirahat dari menatap layar smartphone/kmoputer berjam-jam. Banyak sekali orang-orang mengabaikan kesehatan matanya saat sedang asyik bermain game online dalam kamar atau ruangan yang gelap menjelang tidur, sehingga akhirnya mata menjadi kering dan jika dibiarkan lama-lama akan berdampak tidak baik bagi kesehatan mata. Sekuat apapun pertahanan tubuh seorang manusia, matanya tetap saja memerlukan waktu untuk beristirahat, sebagaimana istirahatnya badan dari kegiatan sehari-hari. Apabila mata Anda sudah terlanjur tidak sehat, maka ada baiknya kabar berita ini disampaikan kepada orang-orang tersayang agar tak terjadi kasus yang sama. Sayang betul melihat adik-adik, anak-anak yang masih kecil saat ini sudah harus menggunakan kaca mata setiap hari. Barangkali pula Anda juga seorang ayah atau ibu, maka sebaiknya Anda memperingatkan anak-anak Anda untuk senantiasa menjaga kesehatan mata dari bahaya radiasi layar smartphone. 
Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Layar Smartphone/Komputer (www.le-libriste.fr)

Mata Manusia juga Perlu Istirahat

Jika Anda adalah orang yang bekerja sering di depan layar komputer atau jika Anda adalah tipe orang yang menyukai bermain game online, maka sebaiknya mulai saat ini juga Anda perlu mengatur jadwal menatap layar komputer/smartphone Anda dengan baik. Usahakanlah setiap satu jam Anda menatap layar komputer/smartphone, setidaknya istirahatkanlah mata Anda sekitar 10 menit. Hal ini menurut dokter mata akan lebih baik bagi kesehatan mata, akan tetapi jangan sampai pula Anda menatap layar komputer seharian penuh, terlebih lagi tanpa ada jadwal istirahat bagi mata. Jika demikian pasti akan amat berbahaya bagi kesehatan mata Anda, pastikan Anda jadwalkan secara rutin untuk mengistirahatkan mata Anda.

Daun Sirih untuk Terapi Kesehatan Mata

Apabila mata Anda terasa kurang enak atau sedikit rabun ketika digunakan untuk melihat, maka coba Anda ingat-ingat sudah berapa jam Anda menatap layar komputer hari ini dan dimasa lalu. Saya pernah pergi ke dokter mata dan memeriksakan mata saya, karena saya merasakan blur saat melihat benda pada jarak 20 meter, dan setelah dokter memeriksa sesuai prosedur. Saya ditanya soalan berapa lama waktu saya menatap layar komputer, nah baru setelah itu saya sadar bahwa ternyata saya jarang sekali mengistirahatkan mata. Lalu saya diberi cairan tetes mata resep dokter, tetapi setelah saya pakai beberapa hari mata saya terasa semakin kering. Lalu saya teringat Ibu pernah mengatakan bahwa daun sirih bisa merelaksasi mata. Jadi saya seduh saja daun sirih ke dalam air hangat lalu tunggu hingga agak dingin lalu celupkan mata ke dalam air seduhan daun sirih. Awalnya memang terasa sepet-sepet pedih, tetapi kelamaan terasa nyaman dan menenangkan. Anda dapat mencobanya sendiri, tetapi jika anda tidak percaya dengan pengalaman saya ini, sebaiknya Anda datang ke dokter mata.

Kesimpulan

Sekuat apapun pertahanan tubuh manusia, mata seeseorang memerlukan istirahat. Apabila Anda bekerja pada tempat yang diharuskan menatap layar komputer atau saat Anda sedang asyik bermain game pada ruangan gelap. Maka sebaiknya Anda selalu ingat untuk mengistirahatkan mata Anda secara teratur. Jangan sampai Anda menjadi lupa terhadap kesehatan mata Anda sendiri karena keteledoran yang seharusnya dapat dicegah sebagai tindakan preventif nyata dan bentuk kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri. Untuk saran untuk terapi menggunakan daun sirih, sebaiknya jika Anda tidak percaya silahkan datang saja langsung kepada dokter spesialis mata. Dengan demikian insya Allah akan lebih aman bagi kesehatan mata Anda, dan jangan sampai lupa untuk meminta petunjuk untuk perawatan mata.

0 Response to "Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Layar Smartphone/Komputer"